Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, mengharapkan dukungan dari semua pemangku kepentingan di wilayah itu dalam menggairahkan roda perekonomian di bumi 'Kenambai Umbai' tersebut.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo dalam siaran pers di Jayapura, Senin, mengatakan untuk menghidupkan kembali roda perekonomian di wilayah tersebut perlu kerja sama semua pihak guna mencapai pemulihan ekonomi nasional.

Menurut Triwarno, hal tersebut sangat penting untuk bagaimana menciptakan banyak lapangan pekerjaan agar masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan tersebut.

"Sehingga kami bersama-sama menggairahkan kembali roda perekonomian untuk memperkuat fundamental ekonomi di Kabupaten Jayapura," katanya.

Dia menjelaskan pemerintah daerah setempat telah berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi pelaku usaha salah satunya dengan mengaktifkan kembali ritel pedagang di Mall Borobudur Sentani yang masih kosong hingga saat ini.

Selain itu kata dia, pihaknya berharap para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat terus berkreasi dan berinovasi dalam usaha dan jangan monoton.

"Tetapi manfaatkan kemajuan teknologi yang ada dan bekerja dengan konsep yang matang untuk mencapai target," ujarnya.

Dia menambahkan kolaborasi antara pemerintah daerah dan semua pemangku kepentingan sehingga dapat membangkitkan ekonomi rakyat dan berkontribusi lebih bagi perekonomian nasional.

"Di Kabupaten Jayapura banyak potensi ekonomi yang bisa dikembangkan seperti pada sektor pariwisata sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan guna memperkuat perekonomian," katanya lagi.

Terkait itu kata dia, Presiden Joko Widodo juga telah memberikan arahan kepada setiap kepala daerah pada rapat koordinasi nasional (Rakornas) agar mendukung, membangun dan memelihara situasi yang kondusif dalam rangka pertumbuhan ekonomi serta pengendalian inflasi.
 

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024