Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua memprioritaskan pencegahan penyakit tidak menular yang hampir 75 persen dari total kasus tersebut telah menyebabkan kematian warga setempat.

"Lima jenis penyakit tak menular memengaruhi usia kematian warga di antaranya penyakit hipertensi, tuberkulosis, kencing manis, jantung dan kecelakaan lalu lintas," ujar Kepala Bidang Pengendalian Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Biak Numfor Ruslan Epid di Biak, Sabtu.

Ia mengatakan penyakit tidak menular adalah suatu penyakit yang tidak mengalami proses pemindahan dari orang lain, namun menjadi penyebab kematian paling banyak bagi masyarakat.

Ia menyebut cara pencegahan penyakit tidak menular, di antaranya dengan membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak secara berlebihan.

Selain itu, lanjut Ruslan, warga juga diminta rutin melakukan aktivitas fisik berupa olahraga minimal 30 menit dalam sehari serta tidak merokok atau terpapar asap dan residu rokok.

"Menjaga berat badan ideal dan cegah obesitas serta rutin mengecek kesehatan secara teratur," kata dia.

Upaya lain mengatasi penyakit tidak menular, kata dia, melakukan pemeriksaan dini secara rutin sehingga bisa mencegah penyakit tersebut melalui pengobatan sejak dini.

"Dinkes terus memberikan sosialisasi tentang bagaimana mengatasi penyakit tak menular dengan menerapkan menjaga perilaku hidup sehat dan bersih," katanya.

Ia mengingatkan warga Biak Numfor untuk tetap memperhatikan pencegahan penyakit tak menular sehingga dapat mengurangi risiko dampak kematian karena lambat melakukan pengobatan.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024