Jakarta (ANTARA) - Papua Youth Creative Hub (PYCH) atau Pusat Kreatif Pemuda Papua memfasilitasi produk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal orang asli Papua untuk masuk pasar nasional.

"Kami berusaha pasarkan produk unggulan produk lokal menggunakan metode digitalisasi sehingga bisa dijangkau masyarakat," kata Koordinator PYCH Store Willy Sombuk dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Untuk dapat diperoleh produk 124 UMKM lokal Papua, menurut Willy, PYCH Store membuat pasar penjualan yang terintegrasi.

"UMKM lokal Papua yang sudah bergabung dan jual produknya di PYCH Store sekitar 124 UMKM. Sudah ada 1.246 picis barang dan makanan sudah terdaftar di PYCH Store," jelasnya.

Di toko yang dikelolanya, kata Willy, jual makanan olahan sagu adat Mamta serta produk lokal Saireri  hasil laut sea food, kerang dan kepiting untuk Domberai dan Bomberai pertanian dan laut serta  Anim-ha hasil pertanian/kerajinan masyarakat.

Ia berharap, platform digital disiapkan PYCH Store lebih banyak jual produk di Papua.

PYCH Store, lanjut Willy, berencana buka cabang-cabang setiap wilayah Indonesia agar harga produk  gampang ditemukan. 

Willy mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo telah menaruh perhatian anak muda Papua untuk terus berkreasi dan berinovasi melalui penjualan produk lokal UMKM Papua.

"Kami berterima kasih juga kepada kepala BIN Budi Gunawan yang peduli dengan anak muda Papua terus berinovasi, skill kami ter-upgrade, dan produk UMKM dikenal luas," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PYCH fasilitasi produk UMKM lokal papua ke pasar nasional

Pewarta : Fauzi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024