Sentani (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura, Papua menggandeng pemerintah kampung di wilayah pembangunan empat di daerah tersebut menyelenggarakan sosialisasi tentang literasi digital bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kominfo Jayapura Gustaf Griapon di Sentani, Sabtu, mengatakan tentang pentingnya masyarakat kampung memahami secara baik terkait dengan perkembangan teknologi dan informasi.

"Literasi digital sangat penting bagi masyarakat agar dapat memanfaatkan sosial media yang dengan benar, tidak saling menghujat, dan penyebaran informasi palsu,” katanya.

Ia mengatakan dengan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) Non Tertinggal, Terluar, dan Terbelakang (N3T) sebagai sarana layanan telekomunikasi di Kabupaten Jayapura, hal itu suatu kemajuan penting bagi daerah setempat.

“Kami telah melakukan monitoring tower BTS N3T Bakti Kominfo pada sembilan kampung pada wilayah pembangunan empat dan sekaligus berkoordinasi dengan para kepala kampung untuk melakukan sosialisasi literasi digital di sana,” ujarnya.

Dia menyebut sembilan kampung tersebut, yakni Bumisahaja, Kwarja, Nawa Mukti, Nawa Mulya, Purnama Jati, Taqwa Bangun, Lapua, Sebum, dan Soskotek.

"Pemerintah kampung dapat mengalokasikan dana kampung untuk pelatihan literasi digital guna meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap perkembangan informasi dan teknologi," katanya.

Melalui sosialisasi tentang literasi digital di kampung, katanya, masyarakat dapat mempelajari penggunaan komputer, internet, aplikasi-aplikasi yang relevan serta memahami pentingnya keamanan dan etika dalam dunia daring.

"Dalam rangka Pemilihan Umum 2024, masyarakat harus bijak dalam menggunakan media sosial maka literasi digital menjadi hal yang perlu dilakukan guna mengedukasi pemanfaatan sarana digital dan telekomunikasi," ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024