Sentani (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura, Papua menyiapkan mobil pemadam kebakaran (damkar) guna mengantisipasi bencana kebakaran saat kemarau.

Kepala BPBD Jayapura Jan W. Rumere di Sentani, Senin, mengatakan pihaknya memiliki dua mobil damkar yang dapat digunakan pada situasi darurat kebakaran.

“Wilayah yang harus diwaspadai ketika kemarau yakni yang banyak rumput ilalang dan berada pada ketinggian atau di pegunungan,” katanya.

Dia mengatakan kawasan atau wilayah pegunungan di Kabupaten Jayapura yang sering langganan kebakaran yakni di Ifar Gunung di Distrik Sentani.

“Kami telah siagakan armada pemadam kebakaran agar saat terjadi peristiwa maka tim dengan cepat dapat melakukan penanganan atau pertolongan,” ujarnya.

Dia menjelaskan ketika kemarau datang maka air permukaan akan berkurang dan mengakibatkan kekeringan sehingga jika ada angin maka rumput ilalang bergesek dan dapat terjadi kebakaran.

“Kami imbau agar masyarakat yang berada pada kawasan rawan kebakaran agar senantiasa waspada dan melakukan tindakan mitigasi dengan menyelamatkan diri terlebih dahulu,” katanya.

Pihaknya juga melakukan sosialisasi guna memberikan pemahaman tentang tindakan penyelamatan saat terjadi bencana.

“Kami sudah membentuk kampung tangguh untuk menjadi kampung percontohan bagi kampung lain dalam melakukan tindakan mitigasi bencana,” ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024