Jayapura (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jayapura, Papua, mengagendakan lomba lari tradisional 100 meter dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 pada 9 September 2023.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura Rocky Bebena di Jayapura, Senin, mengatakan lomba tersebut juga sebagai salah satu gerakan dalam menyukseskan gebrakan pemerintah dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat sambil berwisata atau sport tourism.

"Untuk lomba tradisional kami sudah membuka pendaftaran di Kantor Dispora Kota Jayapura dan penutupan pendaftaran pada Kamis 7 September 2023," katanya.

Menurut Bebena, lomba lari tradisional 100 meter dibuka untuk umum dan akan berlangsung di Pantai Holtekamp, Distrik Jayapura Selatan.

"Sebelum pelaksanaan lomba lari 100 meter akan dilakukan peringatan Haornas ke -40 yang ditandai dengan senam dan jalan santai," ujarnya.

Dia menjelaskan selain itu pihaknya juga akan mengadakan malam penganugerahan bagi atlet dan pelatih yang berprestasi selama 2022-2023 tingkat Kota Jayapura pada Jumat 8 September 2023.

"Penghargaan atlet dan pelatih berprestasi itu diberikan baik kepada atlet normal maupun atlet yang mengalami keterbatasan fisik atau penyandang disabilitas," katanya lagi.

Dia menambahkan untuk nominasi atlet dan pelatih berprestasi sudah dalam tahapan akhir sehingga tinggal diumumkan pada malam penganugerahan.

"Untuk data atlet dan pelatih kami peroleh dari semua cabang olahraga dan penghargaan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada mereka yang meraih prestasi pada ajang olahraga baik nasional maupun internasional," ujarnya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024