Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa bumi magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Eragayam,Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua Pegunungan dipicu deformasi batuan kerak bumi di zona pegunungan Papua.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun (oblique-normal) terjadi pukul 09.21 WIB atau 11.21 memiliki parameter update dengan magnitudo M4,8 dengan pusat gempa terletak pada koordinat 3,79 lintang selatan dan 138,72 bujur timur, atau lokasi di darat wilayah Eragayam, Mamberamo Tengah, Papua dengan kedalaman 81 km.

Gempa bumi ini dirasakan di Kota Wamena dengan skala intensitas II-III MMI (modified mercally intensity), artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi hingga pukul 09.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," katanya

Ia mengimbau kepada masyarakat tetap tenang agar menghindari dari bangunan yang retak akibatkan gempa serta bangunan tahan gempa.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gempa M5,1 guncang wilayah Eragayam dipicu deformasi batuan kerak bumi

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024