Biak (ANTARA) - Sebanyak 20 personel Kepolisian Resor Supiori, Papua, melakukan pengawalan ketat logistik surat suara Pemilu 2024 menuju gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Sorindiweri, Ibu Kota Kabupaten Supiori, Kamis sore.

Kepala Polres Supiori Komisaris Polisi Marthen Asmuruf di Biak, Kamis, menegaskan pengamanan surat suara pemilu dilakukan dengan ketat sejak tiba di Bandara Internasional Frans Kaisiepo Biak untuk selanjutnya diangkut menuju Kabupaten Supiori.

"Kami siagakan personel khusus untuk melakukan pengamanan tertutup dan terbuka mengawal surat suara pemilu ke Kabupaten Supiori," tegas Kapolres kepada ANTARA di gudang kargo Bandara Internasional Frans Kaiseipo.

Ia memastikan pengawalan surat suara pemilu berjalan aman karena ada personel polisi yang bersiaga di area pengambilan bandara Biak hingga diangkut ke Kabupaten Supiori dengan mobil.

"Daerah yang dilewati kendaraan pengangkut logistik pemilu sudah kami koordinasikan dengan anggota polsek-polsek," ujarnya.

Sementara itu, anggota KPU Kabupaten Supiori Jeckson Maryen mengatakan lembaganya secara resmi menerima pengiriman logistik pemilu berupa surat suara dari KPU RI untuk KPU Papua.

"Logistik pemilu yang kami terima dari KPU Papua akan dibawa ke Kabupaten untuk dilakukan penyortiran dan pelipatan," kata Jeckson tanpa merinci jumlah surat suara yang diterima.

Setelah diterima di Biak, logistik pemilu itu dibawa dengan mobil menuju Kabupaten Supiori.

"Selama perjalanan, logistik Pemilu 2024 untuk Kabupaten Supiori dikawal polisi dan Bawaslu sehingga kami pastikan aman hingga ke gudang KPU di Sorindiweri, Distrik Supiori Timur," katanya.

Pada Pemilu 14 Februari 2024, KPU Kabupaten Supiori menetapkan sebanyak 17.128 orang masuk daftar pemilih tetap (DPT), terdiri atas pemilih perempuan 8.430 orang dan pemilih laki-laki 8.698 orang.

KPU Supiori juga telah menetapkan 79 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar pada lima distrik dan 38 kampung untuk warga menyalurkan hak suaranya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024