Sentani (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Papua, Triwarno menyerahkan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) 2024 kepaada 54 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengebut program dan kegiatan tahun ini.

Penyerahan DPA dilakukan usai apel pagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura pada Senin.

Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Senin, mengatakan pimpinan OPD harus melakukan pekerjaan tepat sasaran guna mencapai hasil yang diharapkan.

“Kami berharap pimpinan OPD memberikan perhatian pada percepatan penyerapan anggaran yang baik, cepat, dan lebih penting penyerapan anggaran tepat sasaran,” katanya.

Menurutnya, hal yang menjadi perhatian saat ini ialah aspek penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, serta aspek kemasyarakatan baik dalam kegiatan maupun sub-kegiatan.

“Saya harap semua OPD harus bekerja lebih keras dalam penyerapan anggaran tahun ini, sehingga anggaran yang diberikan akan digunakan ke masyarakat tanpa ada sisa,” ujarnya.

Selain target pekerjaan yang harus diselesaikan, kata dia, juga laporan pertanggungjawaban yang harus dibuat sehingga seimbang antara pekerjaan fisik dan laporan.

“OPD saya minta berkoordinasi dengan pemerintahan tingkat bawah, baik kampung maupun distrik, jika ada kegiatan di wilayah wilayah mereka,” katanya.

Pj Bupati menambahkan proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak akan mempengaruhi program dan kegiatan dari pemerintah daerah (pemda) dalam pelayanan pembangunan kepada masyarakat di 19 distrik di kabupaten itu.

“Program dan kegiatan pemerintah berjalan sesuai dengan petunjuk, begitu pula dengan proses pemilu berjalan sesuai dengan ketetapan yang ada, sehingga tidak akan menghambat aktivitas pemerintahan,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024