Sentani (ANTARA) - Polres Jayapura terus mengintensifkan patroli malam untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen di Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua, Jumat mengatakan patroli ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah tindakan kriminal yang mungkin terjadi di malam hari dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Dalam patroli tersebut para personel personel menyisir berbagai tempat, termasuk area perkotaan dan pinggiran kota,” katanya.

Menurut Kapolres, dalam patroli malam juga personel yang melaksanakan tugas melakukan pemantauan secara aktif terhadap aktivitas yang mencurigakan serta memberikan respon cepat terhadap laporan atau situasi darurat yang muncul.

“Jadi personel tetap stand by atau bersiap kalau ada laporan mendadak pada saat melakukan patroli langsung mereka akan bergegas ke lokasi yang dimaksud itu,” ujarnya.

Dia menjelaskan patroli malam ini merupakan bagian dari strategi pencegahan kriminalitas yang terus-menerus dilakukan oleh pihak kepolisian.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar sehingga membantu aparat kepolisian mencegah tindak kriminal di lingkungannya,” katanya.

Dia menambahkan patroli malam masyarakat menyambut baik langkah yang diambil oleh Polres dalam menjaga keamanan di wilayah mereka.

“Mereka (masyarakat) merasa lebih tenang dan percaya diri beraktivitas di malam hari dengan adanya kehadiran polisi yang aktif melakukan patroli,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024