Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 28 atlet National Paralympic Commitee Indonesia (NPCI) Kota Jayapura, Papua, mengikuti seleksi cabang olahraga renang untuk persiapan menuju Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XII yang akan berlangsung di Medan, Sumatera Utara.

Tahapan seleksi pada cabang olahraga renang yang berlangsung di Kolam Renang Waribu, Sentani, Sabtu, diikuti oleh atlet dari Kota dan Kabupaten Jayapura.

Ketua NPCI Kota Jayapura Marinus Yowei di Sentani, mengatakan dari 28 atlet yang mengikuti seleksi 24 di antaranya merupakan atlet yang memperkuat kontingen Papua pada Peparnas XVII sementara empat lainnya ialah pemula.

"Selain itu juga ada sekitar 10 atlet kami di Palembang, Sumatera Selatan, yang saat ini sementara melakukan latihan terpusat," katanya.

Menurut Yowei, untuk atlet NPCI Kota Jayapura yang mengikuti seleksi cabang olahraga atletik yang sudah berlangsung pada Rabu (15/5) di Lapangan Mahacandra Universitas Cenderawasih sebanyak 68 orang.

"Kemudian untuk atlet panahan yang akan disiapkan untuk seleksi berjumlah 21 orang diantaranya delapan orang atlet senior dan 13 atlet pemula," katanya lagi.

Dia menjelaskan sementara untuk cabang olahraga angkat berat pihaknya menyiapkan satu orang dan cabang olahraga tenis meja dua orang serta catur satu orang.

Ketua Umum NPCI Papua Jayakusuma mengatakan seleksi yang dilakukan merupakan lanjutan dari agenda pencarian bakat atlet cabang olahraga renang di kota dan Kabupaten Jayapura yang dipersiapkan untuk menjalani latihan terpusat menuju Paparnas XVII.

"Seleksi ini tidak hanya diikuti oleh atlet lama tetapi juga memberikan kesempatan bagi atlet muda untuk mengeluarkan bakat mereka," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024