Biak (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Biak Numfor, Papua Simon Yason Mandowen berharap 57 anggota panwaslu distrik yang dilantik dapat menjaga netralitas dan profesional sebagai penyelenggara pengawas tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024.

"Sebagai anggota panwaslu terpilih betul-betul bekerja dengan memperhatikan peraturan perundangan-undangan agar mengawasi proses tahapan Pilkada 2024 dapat lancar, aman dan kondusif hingga selesai," ujar Ketua Bawaslu Simon Mandowen seusai melantik 57 anggota panwaslu di 19 distrik di Biak,Sabtu.

Simon mengingatkan anggota panwaslu distrik yang diberikan amanah jangan ada yang coba-coba memihak kepada pasangan calon manapun di ajang pilkada.

Dalam bekerja sebagai anggota panwaslu distrik, lanjut Simon, harus dijalankan dengan baik sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.

Dia berharap, tugas kewenangan panwaslu distrik sebagai kepanjangan tangan Bawaslu Kabupaten Biak Numfor mempunyai tugas melakukan pengawasan proses tahapan Pilkada serentak 2024.

"Semoga kita selalu diberi rahmat Tuhan Yang Maha Esa dalam melaksanakan tugas mulia untuk mengawal pesta demokrasi pilkada dengan melakukan pengawasan tahapan Pilkada serentak 2024," katanya.

Simon mengatakan, fakta integritas yang ditandatangani anggota panwaslu di 19 distrik harus diperhatikan karena menjadi pedoman kerja sebagai anggota panwaslu distrik.

"57 anggota panwaslu di 19 distrik yang dilantik merupakan hasil seleksi ketat dan yang terpilih adalah yang terbaik berdasarkan penilaian hasil seleksi dilakukan Bawaslu Biak Numfor," sebut Simon.

Pelantikan 57 anggota panwaslu untuk 19 distrik ini ditandai pembacaan pakta integritas kerja disampaikan anggota panwaslu distrik Biak Kota Desi Gres Wakum.

HinggaSabtu (25/5) pukul 16.00 WIT tahapan Pilkada serentak 2024 sudah berjalan dilakukan Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu dengan pembentukan badan ad hoc panitia pemilihan distrik, panwaslu distrik serta seleksi anggota panwas kampung/kelurahan.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024