Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Peternakan dan Perkebunan setempat menyerahkan 50 ekor bibit hewan ternak berupa babi kepada kelompok di Kabupaten Mamberamo Raya hal ini merupakan hasil dari kunjungan penjabat gubernur pada Juli 2024.
 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Provinsi Papua M Koibur di Jayapura, Rabu, mengatakan bantuan tersebut diberikan sebagai salah satu bentuk partisipasi pihaknya dalam menurunkan kemiskinan daerah.
 
“Pemberian bantuan 50 ekor bibit hewan ternak babi tersebut merupakan hasil kunjungan pada Juli lalu serta ini juga sebagai penguatan bagi para peternak,” katanya.
 
Menurut Koibur, para bibit hewan ternak babi tersebut sebelum telah dilakukan pengecekan dan pengujian di laboratorium setempat sehingga pihaknya yakin hewan tersebut dalam kondisi sehat.
 
“Hewan yang dikirimkan ini kami menjamin kesehatannya oleh sebab itu para kelompok usaha tidak perlu khawatir karena telah dilakukan pengujian dan pengecekan secara detail,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan selain pengujian pihaknya juga mengatakan bahwa hewan tersebut berasal dari daerah yang tidak terkontaminasi flu babi Afrika atau African Swine Fever (ASF) seperti Kota Jayapura dan Keerom.
 
“Oleh karena itu masyarakat ataupun para pelaku usaha ternak babi tidak perlu khawatir karena hewan tersebut di jamin bebas ASF,” katanya lagi.
 
Dia menambahkan berdasarkan informasi saat ini di Kabupaten Jayapura telah bebas ASF di mana hingga kini belum ada lagi laporan terkait kematian hewan tersebut secara masif.
 
“Untuk itu kepada seluruh para peternak babi agar terus menjaga kesehatan dan pakan agar menghasilkan hewan yang sehat," ujarnya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024