Biak (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Biak Numfor, Papua, membentuk pengawas lapangan di  tempat pemungutan suara (TPS) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 27 November 2024.

"Sudah diagendakan rekrutmen pengawas lapangan TPS untuk melakukan pengawasan saat hari 'H' pemungutan suara pada pilkada serentak nanti," Ketua Bawaslu Biak Numfor Simon Y Mandowen di Biak,Rabu.

Ia mengatakan badan ad hoc Pengawas lapangan TPS di 268 kampung/kelurahan itu untuk membantu pengawasan tahapan pilkada pada 27 November 2024.

"Hal ini dengan dilakukan pengawas lapangan guna mencegah terjadinya pelanggaran pidana pilkada," katanya.

Ia mengajak semua komponen masyarakat Biak Numfor untuk mendukung pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Biak Numfor pada 27 November 2024.

Melalui pilkada serentak 2024, kata dia, masyarakat yang memiliki hak pilih untuk dapat memilih langsung pemimpin pasangan calon gubernur dan wakil gubernur serta pasangan calon bupati dan wakil bupati periode 2024-2029.

"Pilkada serentak 27 November 2024 adalah sarana demokrasi langsung rakyat untuk memilih pemimpin daerah secara demokratis sesuai hati nurani warga," katanya.

Berdasarkan hasil pendaftaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor terdapat tiga bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Biak Numfor bertarung pada ajang pilkada 27 November 2024.

Ketiga baka pasangan calon tersebut yakni pasangan Saint Benhur Mansnandifu dan Yohan Anthon Kho diusung Partai Nasdem,PAN,PKS dan Partai Garuda. Selanjutnya, pasangan Herry Ario Naap dan Kerry Yarangga diusung PDIP, PSI,PPP, Partai Hanura dan Partai Perindo.

Lalu. pasangan Markus Mansnembra dan Jimmy Carter Kapissa dari koalisi Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB dan Partai Demokrat.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024