Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Papua menyatakan sampai saat ini di daerah itu belum ditemukan kasus cacar monyet atau Mpox.

"Sampai hari ini di wilayah Papua belum ada laporan kasus cacar monyet seperti yang ramai di media sosial (medsos) atau postingan gambar," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr Yokeylin Suebu di sela kegiatan kunjungan Pj Gubernur Ramses Limbong di Biak, Kamis.

Ia mengingatkan masyarakat di Papua untuk tidak mudah percaya dengan informasi yang beredar di media sosial, karena bukan sumber resmi yang dikeluarkan pemerintah lewat Dinas Kesehatan.

Ia mengatakan sebagai langkah antisipasi bersama yang dilakukan masyarakat terhadap virus Mpox untuk tetap memperhatikan kebersihan diri.

Upaya lain untuk mencegah virus Mpox, lanjutnya, warga wajib menjaga perilaku hidup sehat bersih dalam keseharian.

"Warga juga diingatkan menggunakan masker di tempat umum, seperti pasar, terminal, pelabuhan, bandara, serta tempat berkumpulnya masyarakat," ujarnya.

Sedangkan tindakan pencegahan virus cacar monyet, menurut Suebu, warga harus mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Ia mengatakan semua warga di kabupaten/kota di Provinsi Papua punya pengalaman saat virus COVID-19 tiga tahun lalu dengan memperhatikan kebersihan diri.

"Ya warga selalu jaga lingkungan sebagai upaya antisipasi dan menjaga kebersihan diri," ucapnya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024