Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengajak masyarakat menerapkan kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan keluarga untuk mencegah berbagai penyakit.

"Pola hidup bersih dan sehat merupakan suatu upaya paling sederhana guna menangkal berbagai jenis penyakit," kata Kepala Dinas Kesehatan Biak Numfor Daud Nataniel Duwiri di Biak, Rabu.

Ia menyebut terus berkoordinasi dengan pemangku kesehatan di Biak Numfor guna memperkuat upaya pencegahan dan pengawasan terhadap berbagai jenis penyakit menular.

"Hingga saat ini di Kabupaten Biak Numfor kami pastikan masih bebas penyakit virus dan dinyatakan aman," tegas Duwiri.

Ia juga mengajak masyarakat memperhatikan pemakaian masker, hand sanitizer serta memperhatikan kebutuhan makanan gizi keluarga.

Sedangkan tindakan lain untuk mencegah penyakit, lanjut dia, adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan berolahraga.

"Pola hidup bersih dan sehat menjadi upaya dini kesiapsiagaan untuk ikut mencegah virus penyakit apapun," imbuhnya.

Untuk pelayanan kesehatan di Kabupaten Biak Numfor, lanjut Duwiri, pihak Dinkes Biak Numfor telah menyiagakan layanan bantuan cepat kesehatan gawat darurat dengan Public Safety Center (PSC) 119.

Hingga Rabu (11/9) Dinas Kesehatan Biak Numfor telah mengoperasikan layanan pemeriksaan kesehatan tingkat pertama di 21 puskesmas serta rumah sakit umum daerah sebagai rumah sakit rujukan.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024