Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, mengharapkan seluruh warga di daerah itu dapat menjalani kehidupan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

"Nilai-nilai Pancasila merangkum semua sendi-sendi kehidupan sehingga patut untuk dijaga," kata Penjabat Bupati Jayapura Semuel Siriwa pada apel pagi peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 yang berlangsung di Kantor Bupati Jayapura, di Sentani, Selasa.
.
Menurut Siriwa, Pancasila disusun oleh pemimpin atau tokoh-tokoh bangsa masa lalu yang penuh dengan integritas dan moral dalam mempersatukan seluruh rakyat Indonesia dari Sabang-Merauke.

“Persatuan dan kesatuan bangsa ini terletak pada keberagaman, sehingga ini patut dijaga, dilindungi untuk diwariskan ke generasi selanjutnya,” ujarnya.

Oleh karena itu, dia mengatakan persatuan dan kesatuan bangsa harus ditunjukkan pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

“Hal pokok yang harus diperhatikan adalah warga tetap kompak dan bersatu di tengah perbedaan pandangan politik dan perbedaan terhadap pasangan calon guna menciptakan Kabupaten Jayapura yang harmonis,” katanya.

Dia mengatakan Pilkada serentak 2024 yang dilaksanakan di Kabupaten Jayapura harus damai dan sukses dengan seluruh komponen warga dapat menahan diri dengan saling menghormati satu dengan lainnya.

“Tidak boleh saling menyinggung atau bermain politik identitas, politik SARA, politik uang tetap setiap pasangan calon dan tim suksesnya memaparkan program dan visi misi selama lima tahun ke depan,” ujarnya.

Menurut dia, sikap toleransi, kerukunan, hormat menghormati, tenggang rasa itu semua ada di dalam poin-poin di dalam Pancasila, sehingga generasi muda patut untuk melestarikannya.
 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024