Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Provinsi Papua, meminta masyarakat 19 distrik untuk menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Jayapura Abdul Hamid Toffir di Sentani, Jumat mengatakan bentuk dukungan masyarakat pada Pilkada adalah memberikan hak politik di bilik suara pada 27 November 2024.

“Kepada masyarakat yang sudah memiliki hak suara supaya datang ke TPS untuk mencoblos calon kepala daerah baik bupati dan wakil bupati maupun gubernur dan wakil gubernur sesuai hati nurani,” katanya.

Menurut Hamid, masyarakat di 139 kampung dan lima kelurahan dari 19 distrik harus dapat menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman.

“Pilkada adalah pesta rakyat yang harus bersama-sama menjaga kamtibmas supaya penyelenggaraannya sukses dan lancar,” ujarnya.

Dia menjelaskan momentum hari kesaktian Pancasila yang telah diperingati pada 1 Oktober 2024 merupakan benteng untuk setiap warga negara menjaga persatuan dan kesatuan.

“Kami sebagai OPD teknis dalam urusan politik berharap meskipun berbeda pilihan tetapi persatuan dan kesatuan harus tetap dijaga supaya menciptakan keharmonisan dan kedamaian,” katanya.

Dia menambahkan aktivitas ekonomi, sosial dapat berjalan baik di Kabupaten Jayapura kalau semua masyarakat saling menjaga nilai-nilai persatuan dan kesatuan.

“Perbedaan itu hal biasa, tetapi lebih dari itu bagaimana kita sebagai warga negara yang baik mendukung semua program pemerintah salah satunya mensukseskan Pilkada,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024