Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 2.500 prajurit melakukan defile atau parade pasukan dan alat utama sistem senjata (alutsista) saat peringatan HUT TNI Ke-79 di Jalan Amphibi Nomor 1 Kota Jayapura, Papua, Sabtu.

Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludy Prastyono di Jayapura, Sabtu, mengatakan 2.500 Prajurit yang melakukan parade tersebut meliputi Kodam XVII/Cenderawasih, Lantamal X Jayapura, Lanud Silas Papare, Aparat Sipil Negara (ASN) dan Brimob Polda Papua.

"Sementara untuk defile alutsista, TNI Manunggal bersama masyarakat serta Persit Kartika Chandra Kirana dan Jalasenastri yang tergabung dalam peserta lomba tari kolosal," katanya.

Menurut Ludy, HUT TNI Ke-79 yang mengusung tema "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju" artinya ke depan TNI bersama seluruh komponen bangsa menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 di Papua.

"Semoga seluruh tahapan pilkada dapat berjalan aman dan damai sesuai yang telah diatur dalam regulasi," ujarnya.

Dia menjelaskan TNI harus menyatu dengan masyarakat untuk bersama-sama satu tekad mewujudkan pilkada damai

Dia mengatakan pihaknya juga berharap dengan adanya kenaikan tunjangan bagi TNI yang bertugas di Papua menjadi semangat terhadap kinerja prajurit.

Sementara itu Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Thevi Zebua mengatakan melalui momentum HUT TNI tahun ini pihaknya memberikan apresiasi kepada seluruh prajurit TNI yang melaksanakan tugas dan pengabdian di Tanah Papua dalam menjaga kedaulatan NKRI.

"Ke depannya mari kami bersatu padu menciptakan dan membangun Tanah Papua yang aman, damai dan sejahtera," katanya.

Dalam rangka menyambut HUT TNI Ke-79 Kodam XVII/Cenderawasih bersama Lantamal X Jayapura telah melaksanakan berbagai kegiatan, di antaranya melaksanakan pengobatan massal kepada 1.126 pasien, khitanan kepada 116 anak dan kegiatan donor darah yang mengumpulkan sebanyak 1.116 kantong darah.
 

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024