Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, meminta tata kelola kebersihan Pasar Pharaa di Sentani ditingkatkan, karena dinilai masih belum baik setelah Penjabat (Pj) Bupati Semuel Siriwa inspeksi mendadak (sidak) ke pasar itu. 

Pj Bupati Jayapura Semuel Siriwa di Sentani, Sabtu, mengatakan kebersihan Pasar Pharaa perlu ditingkatkan dan ditata kembali.

“Kami melihat Pasar Pharaa sebagai sentra pasar tradisional harus tetap menjaga kebersihan, sehingga pembeli merasa nyaman datang berbelanja,” katanya.

Menurut dia, Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan wajib berkoordinasi dalam menata kebersihan di Pasar Pharaa Sentani.

“Tujuannya hanya satu bagaimana pasar bersih dan masyarakat dapat merasa nyaman berbelanja, sehingga pendapatan pedagang akan meningkat,” ujarnya.

Dia menjelaskan kebersihan pasar Pharaa bisa berhasil ditingkatkan ketika mendapat dukungan dari masyarakat, dalam hal ini pedagang.

“Pedagang juga supaya menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang disediakan, sehingga kebersihan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi semua komponen masyarakat,” katanya.

Dia menambahkan petugas kebersihan harus mengontrol setiap hari mengenai kondisi persampahan di Pasar Pharaa dan memastikan sampah-sampah dibuang pada tempatnya.

“Pasar bersih akan berdampak kepada pengunjung yang datang ke pasar untuk berbelanja karena merasa nyaman,” ujarnya.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024