Jayapura (ANTARA) -
Penjabat Gubernur Papua Ramses Limbong mengajak masyarakat setempat agar gemar makan ikan, karena makanan tersebut memiliki sumber protein baik dan mudah dicerna oleh tubuh sehingga bagus untuk anak-anak, ibu hamil, serta orang dewasa.
 
“Karena dengan budaya gemar makan ikan ini diharapkan dapat menekan angka stunting di Provinsi Papua,” katanya di Jayapura, Senin.
 
Menurut Ramses, apalagi Provinsi Papua merupakan daerah pesisir, sehingga ikan yang dihadirkan masih sangat segar.

“Oleh karena itu makan ikan bagi anak-anak adalah hal yang wajib karena mengandung banyak gizi sehingga baik untuk meningkatkan kecerdasan,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan, upaya peningkatan konsumsi ikan tidak hanya menjadi tugas dari pemerintah, kementerian kelautan dan perikanan sebagai instansi teknis yang membidangi kelautan dan perikanan, namun juga menjadi tugas bersama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Papua yang sehat, kuat, dan cerdas.
 
“Jadi jika anak-anak mulai dari PAUD bisa jadikan gemar makan ikan sebagai budaya, dengan begitu terhindar dari stunting serta memiliki daya tahan tubuh yang baik dan gizi tercukupi," ujarnya.
 
Menurut Ramses, pihaknya berharap dengan gemar makan ikan maka dapat dibarengi dengan komoditas pangan, seperti sagu atau hasil kebun lainnya.
 
"Ini semua kalau dibiasakan sejak kecil bisa menekan stunting di Provinsi Papua," ujarnya lagi.
 
Dia menambahkan, dengan pemenuhan asupan gizi maka pemerintah daerah setempat juga harus meningkatkan taraf hidup masyarakat.
 
“Apalagi dari data masih ada 4.000 warga yang berada di bawah garis kemiskinan, yang artinya ini potensi stunting. Untuk mengatasi stunting tidak harus langsung ke stuntingnya, tapi ke ekonomi masyarakat itu sendiri," katanya lagi.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024