Jayapura (ANTARA) - Maskapai penerbangan Association Mission Aviation (AMA) yang bermarkas di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua melakukan skrining dan imunisasi sub PIN Polio kepada para penumpang.

Kepala Bidang Respon Emergenzi unit percepatan pembangunan kesehatan Papua (UP2KP) Darwin Rumbiak di Jayapura, Jumat, mengatakan pihaknya mengetahui hal itu ketika ia memimpin tim turun ke kantor maskapai penerbangan ini guna memastikan penggunaan biaya yang untuk mengangkut orang sakit dari pedalaman ke kota dan sebaliknya pada Senin-Rabu (9-11/12).

"Ketika pilotnya maskapai penerbangan AMA pergi menjemput pasien di pedalaman tapi juga penumpang yang menggunakan maskapainya, saat turun di tempatnya langsung melakukan skrining kepada penumpang," ujarnya.

Skrining atau screening merupakan upaya untuk menyeleksi orang-orang yang tampak sehat, tidak menderita terhadap suatu penyakit tertentu, dari suatu populasi tertentu.

Setelah itu, lanjut dia AMA langsung melakukan imunisasi PIN polio kepada penumpang anak-anak. Maskapai penerbangan AMA sudah melakukan skrining dan imunisasi kepada penumpangnya sepanjang 2019.

"Selama 2019 ini, AMA melakukan skrining dan imuniasi polio kepada penumpangnya. Hingga kini, AMA bekerja sama dengan KKP Bandara Sentani untuk melakukan pelayanan kesehatan," ujar Darwin.

Ia menambahkan, maskapai penerbangan AMA melakukan itu hanya untuk membantu tugas-tugas pemerintah khususnya pelayanan kesehatan.

"Kami mengapresiasi pelayanan kesehatan yang dilakukan selama ini, sangat baik sekali dan membantu kami," tambahnya.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024