Sentani, Jayapura (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Jayapura, Papua menyiagakan 20 personel di tempat-tempat wisata yang ada di sekitar wilayah tersebut menjelang liburan tahun baru, 1 Januari 2020.

Kepala Basarnas Jayapura Putu Arga Sujarwadi di Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa, mengemukakan personel yang disiagakan di tempat-tempat wisata menjelang tahun baru yakni 10 anak buah kapal (ABK) kapal SAR rescue boat (RB)-222 dan personel rescue Jayapura 10 orang yang Jayapura.

Selain siaga khusus di sejumlah titik yang sudah ditentukan, juga di tempat-tempat wisata, serta pergerakan keliling di tempat wisata sehingga bersinergi dengan instansi yang terkait.

"Basarnas Jayapura menyiagakan kapal SAR rescue boat (RB)-222 Jayapura ditambah lagi dengan teman TNI/Polri yang tentunya siaga dan sigap dalam memberikan bantuan apabila dibutuhkan," katanya.

Menurut dia, berdasarkan informasi dari Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura, informasi gelombang untuk utara Jayapura mencapai 0,5 sampai 2,5 meter ini perlu untuk diantisipasi.

"Ada obyek-obyek wisata yang langsung ketemu dengan wilayah utara ataupun samudera utara," katanya.

Siaga khusus Natal dan tahun baru ini sudah dimulai sejak 18 Desember 2019 sampai 8 Januari 2020 kini sudah memasuki H+5.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang sedang melaksanakan aktivitas baik itu kegiatan formal maupun non formal ataupun berliburan, tentunya mengantisipasi kondisi cuaca terkini, diharapkan dapat mengakses informasi dari BBMKG Jayapura terkait dengan cuaca sebab seluruh Indonesia mengalami cuaca ekstrim hingga Januari 2020.

Ia menambahkan, guna memberikan rasa aman kepada masyarakat dengan memberikan pelayanan SAR dengan meninjau dan memonitoring kegiatan-kegiatan masyarakat sedang berlibur di tempat wisata pada Senin (30/12).

"Kita sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan teman-teman TNI/Polri dan pemerintah daerah dan juga pemerintah pusat yang ada di wilayah kantor SAR Jayapura untuk pelayanan siaga khusus," ujarnya.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024