Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayapura,Papua bersama masyarakat memperingati satu tahun bencana banjir bandang dan luapan air danau Sentani dalam apel bersama di halaman kantor Bupati gunung merah Sentani, Senin.

Apel peringatan satu tahun peristiwa banjir bandang di Sentani dipimpin Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw berlangsung khitmad.

Acara satu tahun peringatan musibah banjir Sentani dilanjutkan penanaman perdana bibit pohon yang merupakan bagian dari Rencana Pemulihan Ekosistem Cagar Alam Cycloop yang dilakukan Forkopimda Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua dan perwakilan dari 16 badan dan lembaga yang ikut menadatangani kesepakatan komitmen bersama (MOU) Pemulihan Ekosistem Cagar Alam Cycloop.

"Semua warga Papua di Kabupaten Jayapura harus dapat menjaga kekayaan alam gunung Cyclops sebagai warisan orang tua yang telah banyak memberikan manfaat untuk kehidupan lingkungan dan manusia,"ungkap Bupati Mathius Awaitouw.

Pada saat penanaman di dahului penandatangan komitmen Pemulihan Cagar Alam Cyloops dari perwakilan masyarakat, pemerintah, organisasi,perusahaan serta pemangku kepentingan kehutanan di Kabupaten Jayapura.

Senin Sore dilanjutkan dengan ibadah bersama pengucapan syukur dan peletakan batu pertama pembangunan tugu peringatan 1 tahun banjir bandang di kabupaten Jayapura.

Sebelumnya, ratusan warga dan perwakilan peserta melakukan penanaman pohon dilakukan perwakilan peserta apel, diantaranya Kepala Perwakilan Freeport Jayapura Anderson Worabay dan Dennij Rumayomi,forkompinda,kepala OPD, tokoh masyarakat,tokoh adat, pemuka agama.

Acara lain yang juga digelar bersamaan dengan peringatan satu tahun musibah banjir Sentani adalah pameran foto hasil karya wartawan di Kabupaten Jayapura serta penyalaan seribu lilin.







 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024