Sorong (ANTARA) - Kejaksaan Tinggi Papua Barat telah mengusulkan pembentukan Kejaksaan Negeri Sorong Selatan guna memudahkan pelayanan dan pengaduan hukum bagi masyarakat di daerah tersebut.

Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat Yusuf di Sorong, Selasa (28/7), mengatakan pihaknya telah mengusulkan pembentukan Kejaksaan Negeri Sorong Selatan guna memudahkan pelayanan hukum bagi masyarakat.

Dia menjelaskan guna memudahkan pelayanan dan pengaduan hukum bagi masyarakat di setiap kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat akan dibentuk kejaksaan negeri.

"Namun membentuk kejaksaan negeri di setiap kabupaten harus memenuhi beberapa persyaratan administrasi dan dukungan serta persetujuan pemerintah daerah," ujarnya.

Dia menjelaskan syarat administrasi pembentukan kejaksaan negeri pada setiap kabupaten harus ada polres dan pengendalian negeri, serta dukungan lahan dari pemerintah daerah setempat.

Pihaknya telah mengusulkan pembentukan Kejaksaan Negeri Sorong Selatan karena sudah ada lahan serta mendapat dukungan dari pemerintah daerah.

Permasalahan lahan, katanya, harus diutamakan sebelum diusulkan anggaran pembangunan kejaksaan negeri, jangan sampai anggaran sudah ada tetapi lahan belum siap sebab permasalahan tanah di Papua sebagai rumit.

"Selain mengusulkan pembentukan Kejaksaan Negeri Sorong Selatan kami juga mengusulkan peningkatan tipe Kejaksaan Negeri Sorong menjadi tipe A," kata dia.

Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024