Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Supiori, Papua memberikan beasiswa khusus biaya kuliah kepada 24 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Terbuka Jayapura Tahun Akademik 2022.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Supiori Rafles Ngilamele di Biak, Sabtu, mengatakan pembiayaan pendidikan tinggi untuk mahasiswa UT Jayapura Kelompok Belajar Mahasiswa (Pokjar) Biak sebagai bentuk kepedulian pemda dalam meningkatkan kualifikasi pendidikan sarjana (S1) khusus guru PAUD Kabupaten Supiori.

"Hingga Tahun 2022 kualifikasi guru PAUD Kabupaten Supiori 100 persen tingkatan SMA. Ya, dengan beasiswa ini diharapkan empat tahun ke depan sudah bisa lulus menjadi sarjana sehingga meningkatkan kualitas tenaga kependidikan di Supiori," kata dia.

Ia mengatakan biaya studi mahasiswa bagi guru PAUD Supiori sudah dialokasikan Pemkab Supiori melalui kerja sama dengan pihak kampus Universitas Terbuka Pokjar Biak.

Rafles mengingatkan mereka yang memperoleh beasiswa pendidikan dari Pemkab Supiri untuk bersungguh-sungguh mengikuti perkuliahan hingga selesai.

"Harapan saya mahasiswa penerima beasiswa pendidikan guru PAUD harus tangguh dan mandiri selama melaksanakan perkuliahan di UT. Ya ini, peluang dan sekaligus tantangan untuk mewujudkan kualitas tenaga guru Kabupaten Supiori," ujarnya.

Direktur Universitas Terbuka Jayapura Mujadi memberikan apresiasi kepada Pemkab Supiori yang telah menyediakan anggaran pendidikan bagi mahasiswa program pendidikan guru PAUD Tahun Akademik 2022.

"UT siap mendukung program peningkatan mutu tenaga guru PAUD yang dimotori Pemkab Supipri melalui Bupati Yan Imbab dan Kadis Pendidikan Rafles Ngilamele," katanya.

Hingga Tahun Akademik 2022 mahasiswa penerima beasiswa pendidikan Pemkab Supiori berjumlah 48 orang untuk program guru pendidikan PAUD 28 orang dan 14 mahasiswa nonpendidikan.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024