Jayapura (ANTARA) - Unit Pengelola Bandar Udara Aminggaru menyatakan operasional Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu, kembali normal setelah sempat ditutup akibat adanya insiden pesawat tergelincir.
 
"Memang benar seusai pesawat Operasional Bandara kargo PK-RVA milik PT. Reven Global Airtransport , Selasa (25/10) sekitar pukul 09.15 WIT tergelincir, kata Kepala Unit Pengelola Bandar Udara Aminggaru, Ilaga Herman Sujito kepada Antara, Rabu.
 
Akibatnya terdapat 30 penerbangan dari dan ke Bandara Aminggaru baik itu mengangkut penumpang maupun kargo mengalami gangguan. Gangguan terbanyak dialami penerbangan rute Timika-Ilaga yang tercatat 14 kali penerbangan dan sekali dari Wamena-Ilaga PP.
 
"Kini, aktivitas penerbangan sudah kembali normal setelah sempat ditutup sementara akibat insiden tergelincirnya pesawat milik PT. Reven Global Airtransport dan tidak ada korban jiwa dalam  kejadian  tersebut, " jelas Herman Sujito yang dihubungi dari Jayapura.
 
Pesawat yang dipiloti Gabriel M dan Co Pilot Sulaiman membawa enam sepeda motor dengan berat sekitar 600 Kg dan bahan makanan campuran seberat 410 Kg.
 
Akibat insiden tersebut pesawat mengalami kerusakan di bagian ban depan terlepas, baling-baling bengkok dan badan pesawat bagian bawah pecah.
 
Saat ini pesawat jenis Caravan C 208 B masih berada di Bandara Aminggaru, Ilaga.
 
 
 
 
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024