Timika (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengimbau kepada semua masyarakat agar menjaga kesehatan pada puncak musim hujan di daerah tersebut.

Kepala Dinkes Mimika Reynold Rizal Ubra di Timika, Selasa, mengatakan  puncak musim hujan pada daerah ini berlangsung pada Juni, Juli dan Agustus setiap tahunnya.

"Kami imbau agar masyarakat menjaga kesehatan diri dengan mengkonsumsi makanan sehat dan vitamin," katanya.

Menurut dia Kabupaten Mimika termasuk daerah dengan tingkat curah hujan yang tinggi sepanjang tahun dan dikategorikan sebagai kawasan basah.

"Di sepanjang tahun selalu hujan, tetapi pada tiga bulan puncak musim hujan ini menjadi waktu yang sangat basah," ujarnya.

Untuk itu pihaknya mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kesehatan diri dan menjaga kebersihan lingkungan tempat hingga pada musim penghujan ini.

"Lingkungan tempat tinggal juga harus selalu bersih agar tidak menjadi tempat sarang nyamuk," katanya.

Ia menambahkan masyarakat juga harus selalu memperhatikan imbauan dari pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mimika terkait cuaca.

"Untuk informasi resmi terkait cuaca, masyarakat dapat memperhatikan pada BMKG Mimika yang selalu memberikan informasi terbaru," demikian Reynold Rizal Ubra.

 

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024