Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua dalam tahun ini telah memberikan tujuh kapal motor tempel dan tiga kapal ukuran tiga gross tonnage (GT) bagi nelayan di wilayah pesisir untuk meningkatkan ekonomi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura Rudi A Saragih di Sentani, Senin mengatakan penyaluran bantuan bagi nelayan sudah dilakukan tahun ini.

“Anggaran yang telah kami keluarkan berkisar Rp1,7-Rp2 miliar tahun ini dalam pembelian motor tempel dan kapal tiga GT,” katanya.

Menurut Rudi, motor tempel dan kapal diberikan untuk meningkatkan hasil penangkapan ikan bagi kelompok nelayan di wilayah tersebut.

“Kami harapkan dengan dukungan sarana dan prasarana penangkapan ikan maka ekonomi nelayan di wilayah pesisir meningkat karena hasil tangkapan ikan yang banyak,” ujarnya.

Rudi menjelaskan kapal dan motor tempel bukan untuk individu nelayan melainkan kelompok yang ada di wilayah pesisir.

“Pembagian nya pun kami urutkan, sehingga semua kelompok nelayan yang tersebar di Distrik Ravenirara, Yokari, Depapre dan Demta bisa semua dapat,” katanya.

Dia menambahkan pengaturan pembagian harus diatur dengan baik sehingga 300 kelompok nelayan di wilayah pesisir ini bisa memperoleh sarana-prasarana yang memadai.

“Jadi kelompok yang sudah kami bantu, dua tahun kemudian lagi baru bisa mengusulkan dukungan bantuan ke pemerintah, tetapi diharapkan sarana-prasarana yang diberikan dapat dijaga dengan baik,” ujarnya.

Sementara untuk rencana tahun depan Pemkab Jayapura akan membagikan delapan kapal dan motor tempel dengan jumlah anggaran kurang lebih Rp14 miliar.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024