Jayapura (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Jayapura di Provinsi Papua masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat mengenai penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) bagi warga kurang mampu yang menghadapi dampak fenomena El Nino.

"Saat ini kami belum mendapat arahan dari pemerintah pusat terkait penyaluran BLT El Nino, jika sudah ada petunjuk teknisnya seperti apa maka kami siap menyalurkan," kata Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura Djong Makanuay di Jayapura, Selasa.

Makanuay mengatakan, dinas akan segera berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait setelah menerima instruksi mengenai penyaluran BLT El Nino.

"Jika itu Kantor Pos maka kami segera melakukan koordinasi tentang tata cara penyaluran, yang penting kami menerima arahan dulu," katanya.

Dia juga menyampaikan dinas belum bisa memastikan jumlah keluarga tidak mampu yang akan menerima BLT El Nino dari pemerintah pusat.

Deputi Executive General Manager Kantor Pos Cabang Jayapura Firman mengatakan, pengelola Kantor Pos belum mendapatkan arahan dari pusat mengenai penyaluran BLT El Nino.

"Biasanya jika ada informasi terkait bantuan itu dari pusat melakukan briefing bersama kami di daerah terkait tata cara dalam menyalurkan BLT," katanya.

Dia menyatakan, Kantor Pos siap berkoordinasi dengan Dinas Sosial jika pemerintah menugaskan untuk menyalurkan BLT El Nino.

Pemerintah menyiapkan dana Rp7,52 triliun untuk memberikan BLT kepada keluarga tidak mampu yang menghadapi dampak kemarau panjang dan kering akibat fenomena El Nino pada 2023.

BLT El Nino senilai Rp200.000 per bulan per keluarga penerima manfaat rencananya dibagikan kepada 18,8 juta keluarga tidak mampu dari November sampai Desember 2023.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024