Jakarta (ANTARA) -
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 diharapkan mampu mengembangkan dan mengenalkan potensi Papua ke level internasional guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.
 
Sebagai Ketua Panitia Pelaksana Acara Puncak STC 2023, Bahlil mengatakan kegiatan STC bertujuan untuk mempercepat pembangunan dan pengembangan potensi sumber daya kelautan serta pariwisata Indonesia, guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Papua.
 
"Kita harus mampu manfaatkan potensi sumber daya alam kelautan Indonesia yang besar ini untuk memantapkan kedaulatan Indonesia di Pasifik melalui pembangunan berbasis kekuatan maritim. Kita buat investor tertarik berinvestasi, sehingga ciptakan lapangan pekerjaan, dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi," ucap Bahlil.
 
Dalam kesempatan itu, Bahlil juga mengumumkan pemenang penghargaan Anugerah Investasi Bahari yaitu Kota Ambon dan Kabupaten Kepulauan Yapen untuk Wilayah Timur; Kota Manado dan Kabupaten Kotawaringin Timur untuk Wilayah Tengah; serta untuk Wilayah Barat adalah Kota Tegal dan Kabupaten Cianjur.
 
Pemberian penghargaan ini merupakan inisiatif dari Kementerian Investasi/BKPM untuk mengapresiasi Pemerintah Daerah di wilayah pesisir yang mempunyai kinerja terbaik atas layanan investasi.
 
"Kami berikan perhatian khusus kepada daerah yang mampu memanfaatkan potensi bahari di daerahnya serta mampu menciptakan iklim investasi  kondusif. Harapannya, daerah-daerah di wilayah pesisir semakin terpacu memanfaatkan potensi maritim semaksimal mungkin," katanya.
 
Kegiatan selama STC 2023 berfokus pada tiga hal utama yaitu hilirisasi hasil laut, pengembangan potensi daerah, dan peningkatan investasi.
 
Berbagai jenis kegiatan selama STC 2023 yaitu Yacht Rally, Bakti Sosial TNI Angkatan Laut dan BKKBN, Festival Masyarakat, Forum Peningkatan Kapasitas UMKM, Forum Investasi, Pelayanan NIB untuk usaha mikro dan kecil, Diplomatic Tour, dan peresmian kampung nelayan modern.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: STC 2023 diharapkan kenalkan potensi Papua ke level internasional

Pewarta : Ade irma Junida
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024