Biak (ANTARA) - Bupati Biak Numfor, Papua Herry Ario Naap bersama Wakil Bupati Calvin Mansnembra berpamitan dengan berbagai elemen masyarakat setempat sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan periode 2019-2024.

"Besok saya selaku Bupati bersama Wakil Bupati Calvin Mansnembra akan selesai melaksanakan tugas jabatan sebagai kepala daerah tetapi tetap cinta dengan rakyat Biak Numfor," ujar Bupati Herry Ario Naap saat menyampaikan pengumuman akhir jabatan di Biak,Senin.

Bupati Herry mengatakan, selama lima tahun menjadi bupati bersama Wakil Bupati Calvin Mansnembra telah banyak membuat banyak perubahan untuk pelayanan pemerintahan di daerah.

Berbagai perubahan pembangunan lima tahun di Kabupaten Biak Numfor, lanjut dia, membangun fasilitas kesehatan untuk rumah sakit dan puskesmas.

Sedangkan di bidang pendidikan, menurut Bupati Herry, telah membangun gedung sekolah baru berlantai dua hingga peningkatan angka partisipasi sekolah dasar hingga 100 persen.

"Kami juga menyediakan layanan pendidikan kartu Biak pintar dan kartu Biak sehat," katanya.

Sementara untuk infrastruktur jalan dalam kota, lanjut dia, pihaknya sudah membangun jalan dua jalur dat taman bermain untuk masyarakat.

"Saya pesan semua fasilitas umum yang sudah Pemda bangun mari kita jaga bersama dan tidak boleh dirusak," imbuh Bupati Herry.

Untuk capaian kesehatan Pemkab Biak Numfor, lanjut dia, berhasil menurunkan angka stunting dan mendapat penghargaan Wapres Maruf Amin,UHC 100 persen dan 100 persen sanitasi lingkungan stop buang air besar sembarangan.

Prestasi lain Kabupaten pada 2024 meraih penghargaan Adipura ketujuh berturut-turut sebagai kota kecil terbersih, tiga tahun berturut-turut mendapat opini laporan keuangan pemerintah daerah wajar tanpa pengecualian (WTP).

Serta adanya peningkatan indeks pembangunan manusia menjadi 72,85 dari sebelumnya 72,33 pada 2022, tiga tahun berturut-turut mendapat penilaian kinerja laporan keuangan pemerintah daerah dari BPK Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 2020-'2022/ dan 2022 serta pada 2024 membawa PSBS Biak sebagai juara liga 2.

Bupati Herry berharap, berbagai keberhasilan program Pemda Biak Numfor dapat memberikan dampak positif perekonomian bagi masyarakat setempat.

Pasangan Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap dan Wabup Calvin Mansnembra akan berakhir masa jabatannya pada 19 Maret 2024.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024