Biak (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Biak Numfor, Papua menggencarkan perekaman dokumen kependudukan KTP-Elektronik (KTP-El) bagi pelajar SMA/SMK yang terdaftar sebagai pemilih pemula pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 27 November 2024.

"Sampai hari ini proses perekaman KTP-el untuk pelajar yang berstatus pemilih pemula pilkada masih berjalan lancar setiap hari jam kerja ASN," ujar Kepala Bidang Pelayanan Kependudukan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Biak Numfor J.Saapang di Biak, Senin.

Ia menyebut, ada sekitar 3.000 blanko KTP Elektronik  disiagakan untuk melakukan perekaman data kependudukan khusus pemilih pemula dan warga yang belum punya KTP.

"Perekaman KTP-El terus dilakukan Disdukcapil untuk melengkapi data agregat Daftar Pemilih Potensial Pemilu (DP4) pemilihan kepala daerah 27 November 2024," ujarnya.

Sebelumnya, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kalep Mampir mengatakan jumlah penduduk sebanyak 148.388 jiwa tersebar 257 kampung,14 kelurahan dan 19 distrik/kecamatan.

Kadisdukcapil Kalep memastikan semua pengurusan perekaman dara KTP Elektronik dan kartu keluarga disediakan pemerintah untuk masyarakat secara cuma-cuma alias gratis.

Ia menghimbau untuk warga Kabupaten Biak Numfor belum punya identitas kependudukan dapat melakukan pelayanan perekaman KTP.-El di kantor Disdukcapil Biak Numfor setiap jam kerja pada Senin-Jumat mulai pukul' 08.00 WIT hingga selesai.

"Kami minta dukungan masyarakat, kepala kampung, lurah dan kepala distrik supaya data kependudukan di kampung dan kelurahan dapat valid sesuai dengan identitas warga bersangkutan," harapnya.

Berdasarkan jadwal KPU jadwal Pilkada serentak Gubernur,Wali Kota dan Bupati Biak Numfor dan Wakil Bupati berlangsung serentak pada 27 November 2024.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024