Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah menerima penghargaan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia dikarenakan telah sukses melaksanakan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk dalam siaran pers di Jayapura, Rabu, mengatakan apresiasi tersebut merupakan motivasi untuk memberikan terbaik lagi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Dari penghargaan tersebut ini juga menjadi tertantang untuk mendapatkan kembali penghargaan KPU dengan menyukseskan pilkada pada November mendatang,” kata Ribka.

Menurut Ribka, penghargaan yang diberikan ini harus menjadi penyemangat bagi seluruh kabupaten di Papua Tengah agar optimis dapat menyelenggarakan pilkada dengan damai dan lancar.

“Memang terdapat tantang sendiri dalam menggelar Pilkada 2024 di wilayah Papua Tengah terlebih lagi kami merupakan provinsi baru namun tetap optimis bisa melaksanakan pemilihan dengan lancar dan damai,” ujarnya.

Dia menjelaskan memang tidak di pungkiri bahwa tantangan itu seni dan dalam melahirkan pemimpin atau gubernur, wakil gubernur dan bupati di delapan kabupaten/kota yang akan bekerja untuk rakyat tidak mudah namun tetap harus berjalan lancar.

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Tengah, Jennifer Darling Tabuni mengatakan walau provinsi ini masih baru, tapi luar biasa dan ini menjadi energi dalam menyukseskan pilkada di November 2024.

“Seperti diketahui geografis, keamanan, tantangannya luar biasa karena terkenal jalur merah namun karena kerja sama pemerintah, seluruh stakeholder dan masyarakat maka penghargaan ini bisa diraih,” katanya.

 


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024