Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat menghadirkan layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) pada sejumlah sekolah di Kabupaten Sarmi guna mempermudah proses belajar mengajar.
 
Kepala Diskominfo Papua Jeri Yudianto di Jayapura, Rabu, mengatakan pemberian empat unit VSAT tersebut tersebar di SD Advent Segar Tor, SMK N 5 Bonggo, SD Inpres Armopa 7, dan SD YPK Keder.
 
“Masih ada sejumlah sekolah di Kabupaten Sarmi yang belum memiliki akses internet sehingga penyediaan sarana yakni VSAT diharapkan dapat membantu proses pembelajaran tersebut,” katanya.
 
Selain itu di Kabupaten Sarmi, lanjutnya, ada beberapa daerah yang blank spot sehingga solusi cepatnya adalah menggunakan teknologi VSAT sambil menunggu pihak operator selular mengembangkan bisnis agar masyarakat bisa menikmati layanan.
 
"Bantuan VSAT ini merupakan bagian program percepatan penetrasi digital di Papua dan tidak hanya sekolah, tapi beberapa lokasi pelayanan umum seperti puskesmas, kantor distrik, dan lainnya," kata Jeri.
 
Dia menjelaskan sarana VSAT tersebut juga dapat digunakan masyarakat yang berada di sekitar lokasi pada jam-jam tertentu. "Kami sudah siapkan bandwith controller, jadi pada jam tertentu bisa digunakan masyarakat di radius 50-100 meter," katanya.
 
Pihaknya berencana akan berkolaborasi dengan SMK 5 Sarmi untuk meningkatkan kapasitas anak didik setempat. "SMK 5 ini punya jurusan multimedia, mungkin kami akan berkolaborasi guna berikan pemahaman dan meningkatkan kapasitas murid di bidang teknologi," ujar Jeri Yudianto.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024