Timika (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, telah memulai pembangunan gedung kantor baru, dengan menggunakan anggaran senilai Rp10 miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika Dantje Nere di Timika, Kamis, mengatakan  pembangunan kantor tersebut telah dimulai sejak 16 Juli 2024.

"Kami diberi waktu selama 160 hari, untuk menyelesaikan pembangunan gedung kantor baru dan juga sekaligus perpustakaan," katanya.

Menurut Dantje, gedung kantor baru tersebut dibangun di atas lahan seluas 50x50 meter, dengan alokasi anggaran untuk pembangunan tersebut sebesar Rp10 miliar.

"Pembangunan telah berjalan sejak 16 Juli dan ditargetkan akan rampung dalam tahun ini juga, diperkirakan pada Desember 2024," ujarnya.

Dia menjelaskan gedung kantor tersebut dibangun dua lantai, dengan desain nasional tetapi tetap menyisipkan ornamen budaya Papua khususnya dua suku besar di Kabupaten Mimika.

"Bangunan ini dibangun tetap menyisipkan khasanah budaya dari dua suku besar di Kabupaten Mimika yakni Suku Amungme dan juga Kamoro," katanya lagi.

Dia menambahkan hari ini pihaknya melakukan rapat koordinasi bersama pihak terkait guna kelancaran proses pembangunan Gedung Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika.

"Pada prinsipnya pertemuan hari ini kami fokus membahas segala persiapan untuk kelancaran proses pembangunan, serta mengantisipasi hal-hal yang di luar prediksi atau rencana awal," ujarnya lagi.*

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024