Timika (Antara Papua) - PT. PLN (Persero) area Timika mulai melirik potensi pembangunan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) di sejumlah distrik, salah satunya di Kokonao, Distrik Mimika Barat, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Manajer PLN Area Timika, Salmon Karet di Timika, Jumat mengatakan rencana pembangunan PLTD itu telah didiskusikan bersama Kepala Distrik Mimika Barat beberapa waktu lalu, dan direncanakan  pembangunan PLTD di Kokonao itu akan dimulai pada Juli 2017.

"Kepala Distrik Kokonao sudah bertemu dengan kami untuk membicarakan hal itu. Juli kami targetkan sudah mulai pembangunan dengan kapasitas dayanya 100 kw untuk melayani lima kampung," kata Salmon di Timika, Jumat.

Kendati sudah ada pembicaraan dengan kepala distrik setempat namun Salmon mengakui salah satu kendala saat ini adalah lahan lokasi pembangkit listrik yang belum jelas. Untuk itu pihaknya berharap agar semua elemen khususnya masyarakat dapat membantu kelancaran pembangunan dengan melepaskan tanah untuk lokasi PLTD.

"Lahan yang akan digunakan untuk lokasi PLTD itu yang menjadi kendala utama. Kami sudah bicara dengan Kepala distrik dan mudah-mudahan masyarakat juga membantu sehingga pembangunan tetap berjalan," ujarnya.

Selain Kokonao yang diagendakan pembangunannya pada Juli, saat ini PLN sedang melakukan pembangunan jaringan di Agimuga, Distrik Mimika Timur berkapasitas 100 kw dari PLTD.

"Untuk tiga kampung di Agimuga itu yaitu Aramsolki, Amungun dan Kiliarma akan kami pasang PLTD di sana dengan kapasitas 100 kw. Itu sudah cukup untuk melayani seluruh Agimuga," kata Salmon.

Ia berharap pengoperasian PLTD Agimuga hingga penyambungan jaringan listrik ke rumah-rumah masyarakat setempat bisa dituntaskan pada Agustus atau paling lambat Oktober 2017 agar segera dapat digunakan masyarakat di wilayah itu. (*)

Pewarta : Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024