Jayapura (ANTARA) -
Menjelang hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November mendatang Lantamal X Jayapura menggelar kegiatan bakti kesehatan kepada anak-anak di tiga panti asuhan sebagai bentuk kepedulian  bertempat di Kabupaten Jayapura, Papua.
 
Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung di Jayapura, Jumat, mengatakan kegiatan tersebut diikuti 158 anak yang berasal dari tiga panti asuhan yaitu Karya Anak Perdamaian, Holai Roo dan Wari Tore.
 
"Pada kegiatan tersebut kami melakukan pemeriksaan kesehatan, kemudian gigi, fogging dan pemberian bingkisan," katanya.
 
Menurut Feryanto, peringatan Hari Pahlawan ke-77 pada 2022 mengusung tema "Pahlawanku, Teladanku" diharapkan dapat memberikan motivasi dan menginspirasi anak-anak untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan.
 
"Anak-anak di ketiga panti asuhan yang akan menjadi generasi penerus bangsa untuk itu memberikan pelayanan kesehatan sangatlah penting," ujarnya
 
Dia menjelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan kepada 158 anak-anak pada tiga panti asuhan tersebut rata-rata memiliki gejala batuk pilek, malaria dan penyakit kulit atau gatal-gatal untuk itu pihaknya langsung memberikan pengobatan sehingga dapat tertangani dengan baik.
 
"Selain pemeriksaan kesehatan kami juga memutarkan film edukasi untuk menambah ilmu dan wawasan serta mengetahui bagaimana pengorbanan keteladanan dan kepemimpinan para pahlawan," katanya lagi.
 
Dia menambahkan ke depan bakal banyak lagi kegiatan-kegiatan yang menyentuh langsung anak-anak Papua khususnya panti-panti asuhan sehingga bisa dilaksanakan secara rutin mengingat akses mereka terhadap pelayanan kesehatan cukup terbatas.
 
Sebelumnya, pada kegiatan bakti kesehatan diikuti Wakil Komandan Lantamal X Kolonel Laut (P) Nanang Hariono, Para Asisten Danlantamal X, Kadiskes Lantamal X, Karumkit dr. Soedibjjo Sardadi dan Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua Dedi Irianto di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat.
 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024