Jayapura (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Papua menyiagakan 22 mobil ambulans untuk melayani masyarakat selama libur dan cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Edward Sihotang saat dihubungi dari Jayapura, Rabu, mengatakan semua mobil ambulans tetap bersiap di setiap Unit Gawat Darurat (UGD) puskesmas.

"Selain itu dua mobil ambulans pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) PSC 119 siap untuk keliling jika adanya keadaan darurat guna layanan rujukan ke RSUD Yowari," katanya.

Menurut Sihotang, dari total 22 puskesmas di daerah itu 18 diantaranya memiliki mobil ambulans di mana ada beberapa puskesmas memilik dua hingga tiga kendaraan seperti Puskesmas Sentani Kota, Puskesmas Harapan dan Puskesmas Nimbokrang.

"Jika ada pasien di UGD puskesmas yang akan dirujuk ke RSUD maka mobil ambulans siap untuk dipakai," ujarnya.

Dia menjelaskan selain itu di seluruh puskesmas juga ada petugas promosi kesehatan sebanyak 25 orang yang akan memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan selama libur Lebaran.

"Tetapi juga mereka akan terus mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar mencegah penyebaran COVID-19," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari penyakit menular dan tidak menular karena selama Lebaran pelayanan kesehatan pasti tidak semaksimal hari biasa.
 

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024