Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat terus memberikan penguatan peningkatan kapasitas bagi para nelayan di wilayah pesisir untuk melatih dan membantu dalam mengelola sumber daya dan meningkatkan kesejahteraan.
 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua Carlos Matuan di Jayapura, Minggu, mengatakan selain pelatihan pemerintah juga memberikan bantuan melalui sarana dan prasarana.
 
"Provinsi Papua memiliki potensi pengiriman ikan yang besar hal ini dikarenakan wilayah setempat kebanyakan daerah pesisir," katanya.
 
Menurut Carlos, oleh sebab itu pelatihan dan bantuan yang diberikan ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan jumlah produksi ikan.
 
"Seperti di Kota Jayapura terdapat satu perusahaan yang menampung hasil tangkapan oleh karena itu kami terus mendorong peningkatan produksi sehingga menjadi keberlanjutan saat dilakukan ekspor," ujarnya.
 
Dia menjelaskan memang masalah keberlanjutan pengiriman ini masih menjadi tugas besar yang harus diselesaikan bersama dan itu butuh kolaborasi bersama instansi serta forkompinda.
 
"Oleh sebab itu pemberdayaan bagi nelayan di Papua ini penting dilakukan penguatan apalagi rata-rata armada yang ada hanya menggunakan kapal dengan kapasitas Kapal motor penangkap ikan 5 gross ton (GT)," katanya.
 
Ia menambahkan oleh karena itu kesempatan tersebut menjadi peluang untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) baik Kabupaten, kota dan provinsi.
 
"Seperti Sarmi dengan hasil udang, Kota Jayapura ada ikan cakalang, Biak Numfor dengan tuna,"ujarnya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024