Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 80 calon taruna Akpol dan Tamtama Polri panitia daerah (Panda) Papua dinyatakan lulus uji kesamaptaan jasmani tahap renang yang digelar di Kolam Renang Tirta Mandala, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

Ketua Tim Kesamaptaan Jasmani yang juga Kabid TI Polda Papua Kombes Pol Nicolas Ari Lilipally di Jayapura, Rabu mengatakan sebelum tes yang digelar selama dua hari itu, para peserta dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan tensi darah sebelum melaksanakan tes renang.

"Kegiatan ini disaksikan dan dihadiri Karo SDM Polda Papua Kombes Pol Aris Haryanto, Kabag Watpers Biro SDM Polda Papua AKBP Akdamina P Deda selaku Wakil Ketua Tim Kesamaptaan Jasmani, panitia penerimaan calon Taruna Akpol dan Tamtama Polri TA 2020 dan Tim Kesehatan Bidang Dokkes Polda Papua serta tim pengawas," katanya.

Ia merincikan jumlah calon taruna Akpol yang mengikuti uji kesamaptaan jasmani tahap renang sebanyak 31 peserta. Sementara itu, untuk calon Tamtama Polri sebanyak 49 peserta.

"Dalam uji kesamaptaan jasmani tahap renang calon Taruna Akpol dan Tamtama Polri TA 2020 Panda Papua, semua peserta dinyatakan memenuhi syarat dan akan melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu Tes Antropometrik," katanya.

Sebelum dilaksanakan tes renang, Kombes Pol Nicolas mengaku menyampaikan arahan kepada seluruh peserta tes agar selalu percaya diri dengan kemampuan masing-masing, jangan ada pikiran bahwa adanya bantuan dan lain-lain karena itu sama sekali tidak ada.

"Saya sudah pastikan itu. Para casis bisa melihat sendiri bagaimana kita, panitia saat memberikan nilai kepada adik-adik semua kegiatan selesai, kita langsung mengumumkan nilai dari usaha rekan-rekan semua," katanya
 
Selaku panitia selalu terbuka, lanjutnya, jika ada dari casis yang merasa di rugikan atau merasa janggal dalam proses seleksi bisa di laporkan bersama dengan bukti-bukti yang ada.

"Di sini ada pengawas eksternal juga internal yang mengawasi kita ini juga terdiri dari sipil bukan anggota Polri," katanya lagi.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024