Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kesehatan menyatakan sebanyak 1.560 vaksin Pfizer telah tiba dan kini dalam tahap pendistribusian ke sejumlah kabupaten/kota di Bumi Cenderawasih.
 
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) pada Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr Aaron Rumainum di Jayapura, Minggu, mengatakan stok vaksin di wilayahnya sempat mengalami kekosongan namun kini stok tersebut sudah tersedia.
 
"Stok vaksin jenis Pfizer sudah datang pada Senin (29/8) lalu dan kini dalam tahap pendistribusian ke kabupaten kota, " katanya.
 
Menurut Aaron, sebelumnya pihaknya sempat mengalami kekosongan stok vaksin Moderna dan Pfizer hal ini dikarenakan kedua jenis vaksin tersebut selama ini paling banyak digunakan.
 
"Kebanyakan permintaan masyarakat yang menginginkan vaksin jenis Pfizer karena lebih lembut untuk efek sampingnya, " ujarnya
 
Dia menjelaskan dengan 1.560 vial vaksin Pfizer bisa digunakan untuk 10 hingga 12 ribu orang sehingga tergantung pengelolaannya dari Dinas Kesehatan lainnya.
 
“Kalau kami di Papua tidak mau menggunakan dosis 0,15 kami menggunakan dosis 0,3, " katanya lagi.
 
Dia menambahkan untuk pendistribusian, pihaknya sudah mengirim ke Kabupaten Mappi, Asmat, Merauke, Keerom dan beberapa kabupaten lainnya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024