Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua menyebutkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di daerah itu sangat kondusif pasca pemilu.

Penjabat Wali Kota Jayapura, Papua Frans Pekey di Jayapura, Rabu, mengatakan meski ada pemungutan suara ulang (PSU) namun semua berjalan dengan aman dan lancar.

"Sampai sekarang situasi di Kota Jayapura aman dan nyaman sejak pencoblosan pada 14 Februari 2024 kemudian perhitungan suara di tingkat distrik semua berjalan lancar," katanya.

Menurut Pekey, pihaknya bersyukur semua proses pemilu presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan sehingga saat ini masuk dalam tahapan rekapitulasi suara tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura.

"Kami berharap agar perhitungan suara tingkat Kota Jayapura yang akan dilaksanakan hari ini juga bisa selesai tanpa adanya gangguan keamanan," ujarnya.

Dia menjelaskan meski sempat terjadi beberapa peristiwa yang mengakibatkan sebanyak enam Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Jayapura melakukan PSU dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) tetapi secara umum semua dapat berjalan aman.

Dia menambahkan pihaknya memberikan apresiasi kepada KPU dan Bawaslu serta aparat keamanan di daerah itu yang senantiasa bekerja keras untuk mengawal proses demokrasi di Kota Jayapura sehingga dapat berjalan tertib.

"Dan juga kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura yang telah menyalurkan hak suara dan ikut berperan dalam bersama-sama menciptakan suasana yang aman selama pemilu berlangsung," katanya lagi.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024