Biak (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Supiori, Papua pada tahun 2024 akan memberikan prioritas program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik)
bagi siswa SMA di daerah setempat.

"Tahun 2023 sebanyak sembilan siswa SMA Kabupaten Supiori mendapat beasiswa program ADik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia," kata Kepala Dinas Pendidikan Supiori Rafles Ngilamele kepada wartawan di Biak, Selasa.

Diakuinya, untuk peminat pendaftaran beasiswa ADik 2023 Kabupaten Supiori sebanyak 29 lulusan siswa SMA.

Sedangkan siswa yang dinyatakan lulus seleksi tahun 2023 untuk ADIk sebanyak sembilan orang yang melanjutkan kuliah di berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Ia menyebutkan perguruan tinggi negeri yang menjadi tempat menuntut ilmu bagi sembilan peserta ADik 2023 Supiori, yakni UNPATTI Ambon, Universitas Ternate dan sebagian lagi Universitas di pulau Jawa.

Rafles berharap, bagi siswa SMA Kabupaten Supiori yang mengikuti program ADik 2023 dapat memberikan keuntungan kepada mahasiswa yang berhasil lolos.

Para penerima beasiswa ADik 2023,
lanjut dia,  akan mendapatkan kesempatan untuk kuliah secara gratis dan juga mendapatkan bantuan biaya hidup dari pemerintah pusat melalui Kemendikbudristek.

"Dengan beasiswa ADik Ini memberikan peluang besar bagi mahasiswa untuk mengejar cita-cita di lembaga pendidikan tinggi tanpa harus khawatir tentang biaya kuliah dan kehidupan sehari-hari," sebut Rafles.

Diakui Rafles, program ADik Kemendikbudristek dapat mendorong perubahan positif dalam pendidikan tinggi bagi siswa lulusan SMA asal Supiori.

Disamping itu program ADik, menurut Rafles, untuk membantu dan mengejar masa depan putra putri orang asli Papua sebagai generasi emas Papua ke depan.

"Sembilan mahasiswa yang menerima beasiswa ADik dari Kabupaten Supiori dapat kuliah dengan sungguh-sungguh hingga selesai sehingga pulang untuk membangun Kabupaten Supiori," ujar alumni STPDN Jatinanggor, Jabar.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024