Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov)Papua menyebutkan sebanyak enam orang aparatur sipil negara (ASN) yang telah mengajukan surat pengunduran diri dikarenakan bakal maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Kepala BKD Papua, Marthen Kogoya di Jayapura, Selasa, mengatakan enam nama tersebut Welliam R Manderi, Aryoko Rumaropen, Gamael Eldorando Enumbi, Nus Weya, Aloysius Giyai dan Aguni Tapani.
 
"Jadi berdasarkan data kami ada enam ASN yang telah memasukkan surat pengunduran ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Papua," katanya.
 
Menurut Marthen, surat pengunduran diri sudah dimasukkan ke Penjabat Gubernur Papua selanjutnya menunggu tanggapan untuk dibawa ke BKD agar dilakukan surat keterangan pemberhentian dari ASN.
 
"Kami menunggu arahan seperti apa dari penjabat gubernur, setelah itu langsung diproses," ujarnya.

Dia menjelaskan adapun enam ASN Pemprov Papua yang mengajukan surat pengunduran diri asal instansi yakni dari Satpol PP Provinsi Papua Welliam R Manderi maju menjadi calon Bupati Yapen, kemudian dari RSUD Jayapura ada Gamael Eldorando Enumbi yang mencalonkan diri sebagai Bupati Tolikara.
 
"Staf Ahli Bidang Masyarakat dan Budaya Papua Nus Weya menjadi calon Bupati Tolikara, ada juga dari instansi Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Papua yakni Aguni Tapani maju sebagai Wakil Bupati Intan Jaya," katanya.

Dia menambahkan selain itu dari Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Provinsi Papua Aryoko Rumaropen maju sebagai Wakil Gubernur Papua serta terakhir ada Direktur RSUD Jayapura Aloysius Giyai mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Papua Tengah.

 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024