Wamena (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua pada Tahun 2022 akan melakukan peningkatan jalan sepanjang 30 kilometer  penghubung pusat kota dengan Distrik Itlay Hisage.

Bupati Jayawijaya Jhon Rihcard Banua di Wamena, Rabu, mengatakan pemerintah mengupayakan agar bisa dilakukan pengerasan bahkan pengaspalan sehingga kendaraan bisa dengan mudah menuju sampai ke distrik Itlay Hisage.

"Mudah-mudahan semua yang ada ini kita lihat nanti ada pengaspalan dari Siepkosy dan pengerasan. Dari Siepkosy ke Itlay Hisage itu hampir sekitar 30-an kilometer," katanya.

Karena Itlay Hisage merupakan wilayah perbatasan antarkabupaten Jayawijaya dengan Kabupaten Yalimo, menurut Bupati Jhon Banua, masyarakat di wilayah itu memiliki hubungan kekeluargaan sehingga pemerintah akan membuka akses dari Itlay Hisage ke Yalimo.

"Ada juga pembukaan ruas jalan ke Apalapsili (Distrik di Kabupaten Yalimo)," katanya.

Pemerintah mengharapkan dengan pembenahan, peningkatan akses transportasi yang terus dilakukan, masyarakat memiliki kemudahan untuk sampai ke pusat kota dan menjual hasil pertanian atau untuk keperluan lain di pusat kota.

Bupati Jayawijaya berpesan kepada warga Itlay Hisage untuk terus bersama-sama pemerintah membangun kabupaten ini.

Jhon mengapresiasi kekompakan warga dan pemerintah kampung di sana dalam membangun tempat-tempat ibadah untuk tiga dominasi gereja di sana.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024