Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyiagakan layanan kesehatan Public Safety Center (PSC) 119 selama arus mudik liburan Lebaran.

"PSC 119 merupakan unit teknis dari Dinas Kesehatan sebagai wadah koordinasi untuk memberikan pelayanan gawat darurat secara cepat, tepat, dan cermat, bagi masyarakat," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Esau Leunufna di Biak, Selasa.

Esau mengatakan untuk layanan kesehatan yang dilakukan PSC 119 berupa perawatan gawat darurat hingga pengantaran rujukan ke rumah sakit.

Diakuinya, PSC 119 juga membantu penangan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan, tetapi juga dalam situasi kritis.

Esau mengatakan Dinkes Biak Numfor pastikan layanan kesehatan PSC 119 senantiasa siaga di tempat.

"Dan tim medis PSC 119 bergerak cepat jika dibutuhkan dalam penanganan kegawatdaruratan di Kabupaten Biak Numfor," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya layanan kesehatan PSC 119 dapat memberikan kemudahan bagi warga berobat yang sedang mudik Lebaran bersama keluarga di Kabupaten Biak Numfor.

Disinggung tenaga medis kerja selama liburan Lebaran, menurut Esau, sudah ada pengaturan sehingga layanan kesehatan tetap berjalan seperti biasa untuk melayani masyarakat.

"Untuk tenaga medis yang beragama non Muslim mereka tetap bersiaga di waktu libur Lebaran," kata Esau Leunufna.

Hingga Selasa pukul 12.00 WIT arus mudik Lebaran penumpang pesawat di Bandara Internasional Frans Kaisiepo Biak masih normal, belum terlihat peningkatan.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024