Jayapura (Antara Papua) - Tim Satuan Tugas Ekspedisi NKRI 2016 koridor Papua Barat dari subkorwil Sorong dan Sorong Selatan beranggotakan 180 orang tiba di Pelabuhan Sorong, Sabtu (6/2) sore.

Tim yang terdiri dari pasukan gabungan TNI/Polri, mahasiswa, dan elemen masyarakat sipil pimpinan Letkol (Inf) Rakhmad dijemput Kasi Ops Korem 171/PVT Kolonel (Inf) Anwar, dan Dandim 1704/Sorong Letkol (Inf) Aulia Fahmi D, sebagaimana keterangan pers yang diterima Antara di Kota Jayapura, Papua, Minggu.

Kasi Ops Anwar mengucapkan selamat datang kepada tim Ekspedisi NKRI.

"Tingkatkan semangat dan tanamkan jiwa Merah-Putih. Junjung tinggi norma-norma agama dan hormati budaya orang Papua. Kalian harus berbangga karena sudah menjadi bagian dalam Ekspedisi NKRI ini yang tidak semua orang yang bisa mengikuti kegiatan ini," katanya.

Dia juga meminta agar tim Ekspedisi NKRI memperhatikan faktor keamanan dalam setiap kegiatan dan selalu lakukan koordinasi dengan tim atau satuan atas supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Usai memberikan arahan, pada pukul 14.30 WIT, debarkasi personel Satgas NKRI 2016 dari KRI Surabaya dengan Sekoci Pengangkut Pasukan (SPP) ke pelabuhan umum Kota Sorong dipimpin langsung oleh Komandan Satgas Ekspedisi NKRI Letkol Inf Rachmad.

Kemudian dilanjutkan dengan pengecekan personel dan pengarahan Dansatgas NKRI Koridor Papua Barat 2016 dan dilanjutkan dengan serah terima personel satgas NKRI ke pos-pos yang sudah ditentukan.

"Untuk kedatangan Tim Satgas Ekpedisi NKRI 2016 dari subkorwil Tambraw diperkirakan pada Selasa malam baru tiba di Sorong," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024